SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG PENGAWAS DAN GURU PROFESIONAL

SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG KAMI,SEMOGA BERMANFAAT

Senin, 20 Februari 2012

TUGAS SEMESTER IV

BUATLAH MAKALAH DENGAN TOPIK BERIKUT : 

A. PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN
B. SEJARAH PERKEMBANGAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
C.C. ALIRAN-ALIRAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
D.D. METODE PSIKOLOGI PENDIDIKAN
E.E. HUBUNGAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DENGAN BIMBINGAN DAN KONSELING
F.F. GEJALA PSIKIS PADA MANUSIA NORMAL
G.G. KEPRIBADIAN DAN ASPEK-ASPEKNYA
H.H. GANGGUAN-GANGGUAN PSIKOLOGI DALAM BELAJAR
I.I. TEORI PSIKOLOGIS TERHADAP KENAKALAN ANAK
J.J. MASALAH GANJARAN DAN HUKUMAN 

Catatan : 
   1. Makalah dikirim melalui komentar 
   2. Tugas sesuai dengan kelompoknya masing-masing, dikirim paling lambat 2 minggu setelah pemberitahuan ini .

Thanks....

TUGAS SEMESTER II

Buatlah makalah Filsafat Pendidikan yang sesuai dengan topik berikut :
  1. Pengertian dan ruang lingkup Filsafat Pendidikan
  2. Sejarah Perkembangan Filsafat Pendidikan
  3. Obyek Kajian Filsafat Pendidikan
  4. Aliran-aliran Pemikiran Filsafat Pendidikan 
  5. Hakekat dan Makna Pendidikan sepanjang Hayat   
  6. Pengertian Filsafat Pendidikan Islam 
  7. Obyek dan sumber Filsafat Pendidikan Islam
  8. Alam semesta, Manusia, Masyarakat dan Ilmu Pengetahuan dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam
  9. Hakekat Pendidik, Anak Didik dan Etika Keilmuan dalam Pendidikan Islam
  10. Hakekat Kurikulum, Media dan Evaluasi dalam Pendidikan Islam
  11. Tokoh-tokoh dan Pemikiran Filsafat tentang Pendidikan
  12. Hakekat Pendidikan Nilai
  13. Sinergi IQ, EQ dan SQ dalam Filsafat Pendidikan Islam
Catatan : 
1. Kerjakan sesuai dengan kelompoknya masing-masing paling lambat 2 minggu dari pemberitahuan ini
2. Makalah dikirim lewat komentar
Selamat Mengerjakan !!!

TUGAS REMIDI SEMESTER V

TUGAS :
I. Susunlah makalah psikologi pendidikan berikut ini :

A. PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN
B. SEJARAH PERKEMBANGAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
C.C. ALIRAN-ALIRAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
D.D. METODE PSIKOLOGI PENDIDIKAN
E.E. HUBUNGAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DENGAN BIMBINGAN DAN KONSELING
F.F. GEJALA PSIKIS PADA MANUSIA NORMAL
G.G. KEPRIBADIAN DAN ASPEK-ASPEKNYA
H.H. GANGGUAN-GANGGUAN PSIKOLOGI DALAM BELAJAR
I.I. TEORI PSIKOLOGIS TERHADAP KENAKALAN ANAK
J.J. MASALAH GANJARAN DAN HUKUMAN 
 Catatan : 
   1. Makalah dikirim melalui komentar 
   2. Pilih dua dari topik di atas (tidak boleh sama) dengan teman yang lain
II. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar !!
1.      Pada tiap individu manusia yang normal pada umumnya memiliki gejala-gejala kejiwaan atau pernyataan-pernyataan jiwa yang secara garis besarnya dalam psikologi dibagi menjadi 4 (empat). Sebutkan dan jelaskan gejala-gejala tersebut !
2.       Kepribadian itu mengandung pengertian yang kompleks. Ia terdiri dari bermacam-macam aspek, baik fisik maupun psikis. Dan manusia sebagai pribadi pada hakekatnya adalah merupakan kesatuan yang utuh. Aspek-aspek tersebut tidak terlepas antara satu dengan yang lainnya
        Menurut Thorndike, aspek kepribadian dibedakan 4 bagian, sebutkan dan jelaskan !
3.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan hiperaktif, autis dan schizophenia serta bagaimana penanggulangannya
4.          Jelaskan bagaimanakah hubungan psikologi pendidikan dengan bimbingan & konseling
5.          Apa yang dimaksud dengan hukuman dan ganjaran. Dan sebutkan keunggulan dan kelemahannya !
6.   Jelaskan definisi psikologi pendidikan dan jelaskan pula kontribusi psikologi pendidikan terhadap pendidikan !
7.       Jelaskan definisi ‘bakat’ dan  definisi ‘ inteligensi’  kemudian sebutkan factor- factor yang mempengaruhi inteligensi seseorang!
8.          Faktor yang mempengaruhi perkembangan individu,   ada beberapa golongan / aliran, antara lain:  
      a.)Aliran nativisme,    b). aliran empirisme dan c) aliran konvergensi  Jelaskan masing masing secara singkat
9.      Metode-metode yang dipakai dalam Psikologi pendidikan antara lain metode Introspeksi , metode Observasi, Metode Klinis, Metode Diferensial, Metode Ilmiah, Metode Eksperimen. Jelaskan masing-masing metode tersebut !
10.      Jelaskan peranan dan pengaruh pendidikan terhadap perubahan dan perkembangan perilaku individu !
11.      Uraikan dan berikan gambaran secara skematik tentang mekanisme pembentukan perilaku dan pribadi  individu menurut aliran holistik !
Catatan : 
  1. Jawaban dikirim lewat email "agusr734@gmail.com" paling lambat 2 minggu setelah pemberitahuan ini 
  2. Selamat mengerjakan, semoga sukses selalu !!!

TUGAS REMIDI MAHASISWA SEMESTER I

Tugas :
I. Buatlah makalah DASAR-DASAR PENDIDIKAN yang meliputi topik berikut ini:
 1. Pengertian dan ruang lingkup pendidikan
2. Sejarah perkembangan pendidikan
3. Peran dan fungsi pendidikan
4. Tujuan Pendidikan
5. Komponen komponen pendidikan
6. Pendekatan dan metode pendidikan
7. Teori tentang pendidikan  dan pengembangan potensi fitrah  insani
8. Teori tentang pendidikan sebagai suatu sistem
Dikirim lewat komentar di blogpaling lambat 2 minggu setelah pemberitahuan ini !!!

II. Jawablah soal-soal berikut ini :
 1.           Kebutuhan manusia akan pendidikan merupakan sebuah kebutuhan primer. Herbert Spencer, seperti dikutip dari Jumransyah, mengemukakan bahwa pendidikan adalah mempersiapkan manusia untuk hidup sempurna. Jelaskan apa maksud pernyataan di atas!
2.        Komponen-komponen yang memungkinkan terjadinya proses pendidikan atau terlaksananya proses mendidik minimal terdiri dari 6 komponen, yaitu 1) tujuan pendidikan, 2) peserta didik, 3) isi pendidikan, dan 6) konteks yang mempengaruhi suasana pendidikan. Jelaskan secara singkat masing-masing komponen tersebut !
3.     Pelaksanaan desentralisasi pendidikan atau disebut Otonomi Pendidikan masih belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan yang diharapkan,  Menurut Saudara  faktor –faktor apa yang menyebabkan pelaksanaan otonomi pendidikan belum berjalan seperti yang diharapkan.
4.              Dalam pasal 13, ayat 1 UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 dinyatakan bahwa Jalur Pendidikan terdiri atas pendidikan formal, nonformal dan informal. Jelaskan masing-masing pengertiannya serta berikan contohnya.
5.    Menurut beberapa orang menyatakan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Tiga dekade lalu Negara Malaysia belajar ke Indonesia tentang masalah kependidikan namun kini terbalik, kita yang harus banyak belajar dari mereka tentang kependidikan. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia tentunya bukan tanpa sebab. Hampir seluruh faktor pendukung pendidikan di Indonesia mengalami kemunduran atau apabila tidak mau disebut kemunduran, faktor-faktor tersebut mengalami stagnasi, sedangakan tuntutan zaman begitu keras dan cepat dan seluruh bangsa-bangsa lain di dunia telah bergerak ekstra cepat untuk menjadi yang terbaik, akan tetapi bangsa kita masih terus-menerus dihadapkan pada permasalahan klasik yang entah kapan baru bisa berakhir.
Bagaimana pendapat Saudara tentang pernyataan tersebut, dan jelaskan faktor-faktor yang paling dominant mempengaruhi permasalahan pendidikan di Indonesia
6.         Dalam konteks pendidikan,   Bloom dkk telah merinci  perilaku manusia  dengan sistematika  yang disusun secara meningkat, dalam rangka mengembangkan perangkat-perangkat tujuan pendidikan yang berorientasi pada perilaku (behavior objectives) yang dapat diamati (observable) dan dapat  diukur  (measurable)  secara  ilmiah (scientific). Sebutkan dan jelaskan   mengenai  ketiga  domain tersebut !
7.      Usaha pendidikan merupakan proses yang kompleks,  meliputi  berbagai  komponen yang saling berhubungan yaitu raw input, instrumental input, enfironmental input, out put dan proses.
Buatlah skema hubungan tersebut dan jelaskan hubungan unsur-unsur pendidikan tersebut di dalam  kegiatan pendidikan yang dapat membuahkan hasil pendidikan yang optimal !
8.            Ada 4 (empat) pilar pendidikan yaitu learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together. Jelaskan keempat pilar tersebut !
9.              Sebutkan faktor – faktor penyebab masalah pendidikan di Indonesia dan menurut saudara upaya apa untuk mengatasi masalah pendidikan tersebut !
10.          Masalah pada hakikatnya adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan. Masalah pendidikan adalah kesenjangan antara apa yang diharapkan dengan apa yang terwujud dalam bidang pendidikan. Menurut Redja Mudyahardjo masalah-masalah pendidikan di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi 4 (empat), yaitu ( 1) masalah partisipasi/kesempatan memperoleh pendidikan, (2) masalah efisiensi pendidikan, (3) masalah  efektivitas pendidikan, dan (4) masalah relevansi pendidikan. Uraikan secara singkat masing-masing masalah tersebut !.
Jawaban dikirim di Email "agusr734@gmail.com" paling lambat 2  minggu setelah pemberitahuan ini .
Selamat Mengerjakan, semoga bermanfaat !!!!!!

Minggu, 19 Februari 2012

TUGAS REMEDI SEMESTER III

Tugas mahasiswa yang ikut remidi semester III, untuk mengerjakan tugas sebagai berikut :
A. Tugas membuat  makalah tentang :
1. Ruang lingkup dan batasan teori belajar dan teori pembelajaran
2. Teori-teori belajar/pembelajaran
3. Teori behavioristik
4. Teori kognitif
5. Teori konstruktif
6. Teori sosio cultural
7. Teori kecerdasan ganda
8. Teori humanistik
9. Teori Pemrosesan Informasi
10. Neuroscience
11. Model-model pembelajaran
Makalah diketik dengan baik, dan dikirim lewat "komentar". Paling lambat 2 minggu setelah pemberitahuan ini.

B. Mengerjakan soal-soal berikut :

1.              Jelaskan, apa yang dimaksud dengan :
a.       Teori belajar
b.      Teori pembelajaran
2.              Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses dan hasil belajar, jelaskan !
3.               Jelaskan dengan singkat teori-teori belajar berikut:
a.       Teori Behavioristik
b.      Teori Kognitif
c.       Teori Konstruktifitif
d.      Teori sosio-kultural
e.       Teori Humanistik
4.              Banyak teori belajar yang digunakan para guru untuk berbagai keperluan belajar dan proses pembelajaran. Sebutkan manfaat dari penggunaan teori-teori belajar tersebut !
5.              Ada tujuh komponen CTL (Constectual Teaching Learning). Sebutkan dan jelaskan secara singkat !
6.              Teori belajar merupakan upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dari belajar. Ada tiga perspektif utama dalam teori belajar, yaitu Behaviorisme, Kognitivisme, dan Konstruktivisme. Bagaimana pendapat saudara terhadap ketiga teori belajar tersebut !
7.              Dalam pembelajaran koopratif perlu adanya petunjuk-petunjuk dalam pembelajaran yang harus disampaikan kepada siswa. Sebutkan petunjuk-petunjuk yang harus disampaikan agar siswa jelas dan pembelajaran berhasil maksimal !
8.              Ada beberapa model pembelajaran yang harus dikuasai guru di antaranya direct instruction, cooperatif learning, problem based learning dan inkuiri. Jelaskan secara singkat langkah-langkah  4 model pembelajaran tersebut !
9.              Jelaskan apa pengaruh teori belajar behaviorisme, humanisme, konstructivisme, kognitivisme dan sosial terhadap pendidikan !
 Jawaban dikirim lewat email "agusr734@gmail.com" paling lambat 2 minggu setelah pemberitahuan ini !!
Selamat mengerjakan !!!

Sabtu, 18 Februari 2012

TUGAS SEMESTER VI


Buatlah makalah tentang Etika dan profesi guru sesuai dengan topik berikut : 
  1. lPengertian Etika dan Ruang Lingkupnya
  2. lMakna dan Hakekat Etika dalam Pengembangan Profesi Guru
  3. lPengertian dan Syarat Profesi Guru
  4. lKode Etik Profesi Guru
  5. lOrganisasi Profesi Keguruan
  6. lSasaran Sikap Profesional
  7. lPengembangan Sikap Profesional
  8. lSyarat-syarat menjadi Guru Profesional
  9. lGuru Profesional sebagai Komunikator dan Fasilitator
  10. lKompetensi Guru
  11. lUpaya Pengembangan Kompetensi Guru
  12. lBeberapa Prinsip yang perlu diperhatikan dalam Pembelajaran
  13. lCara Memotivasi Belajar Siswa
  14. lPermasalahan yang dihadapi Guru

Catatan :
1. MAkalah dibuat sesuai dengan tugas masing-masing
2. Dikirim melalui komentar di bawah ini, paling lambat 2 minggu setelah pemberitahuan ini (semakin cepat, semakin baik)
Selamat mengerjakan !!!