William Marston mengemukakan bahwa tipe kepribadian
seseorang dapat diketahui berdasarkan observasi terhadap pola perilaku yang ditampilkannya. Tipe kepribadian
tersebut terdiri atas tipe dominant, inspiring, supportive, dan cautious.
Tiap tipe kepribadian tersebut
menggambarkan paduan dari dimensi gaya hubungan dengan orang lain, yaitu
peramah (outgoing) atau pendiam (reserved) dan dimensi prioritas,
yaitu berorientasi terhadap tugas (task-oriented) atau berorientasi
terhadap orang (people-oriented). Hal ini divisualisasikan dalam gambar di
bawah ini:
OUTGOING
|
|||
TASK ORIENTED
|
D
|
I
|
PEOPLE ORIENTED
|
C
|
S
|
||
RESERVED
|
Gambar 2.1. Paduan Gaya Hubungan yang Menunjukkan Tipe Kepribadian
§
Tipe D (Dominant) merupakan
perpaduan Outgoing dan Task-oriented.
§
Tipe I (Inspiring)
merupakan perpaduan Outgoing dan People-oriented
§
Tipe S (Supportive)
merupakan perpaduan Reserved dan People-oriented
§
Tipe C (Cautious) merupakan
perpaduan Reserved dan Task-oriented
Rincian karakteristik dari tiap-tiap tipe
kepribadian tersebut adalah sebagai berikut:
A. TIPE “DOMINANT”
Kata-kata penjelas : Dominan (dominant), pengatur (direct),
penuntut/banyak permintaan (demanding), tegas (decisive), tekun (determined),
pelaku (doer).
Mind-set : Lakukan! Wujudkan!
Raih kemenangan! Hasil!
Hal yang disukai : Kegiatan, Kompetisi, Kerja keras, Melakukan sesuatu,
Tantangan, Mendapatkan hasil, Menjadi pimpinan, Menyelesaikan tugas-tugas
Mereka adalah orang yang : Goal-oriented,
tidak mudah puas, percaya diri, tabah, tekun, menyadari pentingnya prestasi
Dimotivasi oleh : Tantangan,
pilihan, pengendalian
Lingkungan yang dibutuhkan : Kebebasan, kewenangan, kegiatan yang
bervariasi, kesempatan berkembang
Gaya komunikasi : Komunikasi lugas/terus terang
Kelemahan : Kurang sensitif terhadap orang lain, kurang bisa santai,
kurang sabar.
B. TIPE “INSPIRING”
Kata-kata penjelas : Bersemangat (inspiring), berpengaruh (influencing),
penting (important), interaktif (interactive), mengesankan (impressive),
berminat pada hubungan dengan orang lain (interrested in people)
Mind-set : Jadi bintang
pertunjukan; bersenang-senang dan
gembira!
Hal yang disukai : Mempengaruhi orang lain, rencana jangka pendek,
membuat orang tertawa, melakukan banyak hal/kegiatan, berbincang-bincang dengan
orang lain, prestise, dipandang penting.
Mereka adalah orang yang : Banyak
bicara, pandai memulai hubungan, menyenangkan, cenderung membesar-besarkan,
mudah gembira, senang menonton.
Dimotivasi oleh : Penghargaan,
persetujuan, popularitas
Lingkungan yang dibutuhkan : Prestise, hubungan persahabatan,
kesempatan untuk mempengaruhi orang lain, Kesempatan untuk mengilhami orang
lain, kesempatan untuk mengemukakan ide.
Gaya komunikasi : Bersahabat dan komunikasi informal
Kelemahan : Kurang bisa mengelola waktu, kurang realistis, kurang
mendengarkan orang lain, kurang memperhatikan penyelesaian tugas
C. TIPE
“SUPPORTIVE”
Kata-kata penjelas : Pendukung (supportive), kokoh (steady),
tabah/teguh hati (stable), ramah (sweet), peka (sensitive),
sentimentil (sentimental)
Mind-set : Netral. Bergaullah
dengan semua orang. Tidak ada konflik.
Hal yang disukai : Perdamaian, harmoni, ketenteraman hati, kelompok
persahabatan, kerja tim, menolong orang lain, kerjasama.
Mereka adalah orang yang : Beorientasi
kelompok (team-oriented), bersahabat, kooperatif, teman setia, peka
terhadap kebutuhan orang lain, mau memahami dan menerima orang lain
Dimotivasi oleh : Keamanan,
penghargaan, kepastian/jaminan (Assurance)
Lingkungan yang dibutuhkan : Wilayah khusus (specialization),
identifikasi dengan kelompok, pola kerja yang mapan, situasi yang stabil,
lingkungan yang konsisten
Gaya komunikasi : Komunikasi yang hangat, terbuka, tulus.
Kelemahan : Sulit bila harus menghadapi perubahan, tidak mampu
mengatakan “Tidak”, sulit bertindak bebas/independen
D. TIPE “CAUTIOUS”
Kata-kata penjelas : Hati-hati (cautious), penuh perhitungan (calculating),
mampu (competent), konsisten (consistent), pemikir (contemplative),
teliti (careful)
Mind-set : Kerjakan sesuatu
dengan benar dan sempurna. Apa rencananya? Sudahkah mempertimbangkan segala
sesuatunya? Apa tujuan sesungguhnya? Mengapa?
Hal yang disukai : Konsistensi, kerja hebat, mengerjakan dengan tepat,
informasi/data, nilai (value), kualitas, segala sesuatu berjalan dengan
benar, ada perencanaan, prosedur, kejujuran.
Mereka adalah orang yang : Berorientasi
pada prosedur (procedure-oriented), mengabdikan diri pada tugas,
terfokus pada detail, logis, akurat, menaruh rasa hormat (respectful)
Dimotivasi oleh : Jawaban
berkualitas, keunggulan, nilai (value)
Lingkungan yang dibutuhkan : Tugas yang ditentukan dengan jelas, sumber
daya dan waktu yang cukup untuk menyelesaikan tugas, bebas untuk mengajukan
pertanyaan, resiko terbatas, tugas yang membutuhkan perencanaan dan ketepatan
Gaya komunikasi : Komunikasi yang logis, tepat, dan detail.
Kelemahan : Analisis berlebihan (over-analizyng), kurang mampu
menempati deadline, perfeksionis, kurang mampu mengekspresikan perasaan, kurang
memperhatikan pentingnya perasaan orang lain.
Sumber Pustaka
:
__ 2008. Pengenalan
Diri. Jakarta. Direktorat Tenaga
Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Departemen
Pendidikan Nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar