Presentasi : Menentukan Kondisi Sekolah/ Madrasah saat ini
Dalam menentukan kondisi saat ini, sekolah/madrasah perlu melakukan evaluasi diri (selfevaluation) atau mengisi format profil sekolah/madrasah. Dari instrumen tersebut akan diperoleh rekomendasi-rekomendasi atau kesimpulan-kesimpulan profil yang perlu ditindaklanjuti untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah/madrasah. Evaluasi diri sekolah/madrasah (EDS/M) atau profil sekolah/madrasah adalah alat evaluasi yang dirancang untuk melihat gambaran yang jelas tentang situasi sekolah/madrasah saat ini.
Karena itu, evaluasi diri atau profil sekolah/madrasah harus diisi dengan seksama dan seobjektif mungkin. Informasi yang dihasilkan dari evaluasi diri atau profil sekolah/madrasah diharapkan berguna dalam membantu para pemangku kepentingan sekolah/madrasah untuk menyusun RKS/M yang didasarkan pada kondisi nyata
sekolah/madrasah (RKS/M berbasis data).
Pelaksanaan evaluasi diri atau penyusunan profil sekolah/madrasah dilakukan dengan menggunakan instrumen evaluasi diri atau profil sekolah/madrasah yang telah disediakan oleh Kemendiknas. Kedua instrumen ini dirancang dengan mengacu kepada standar pelayanan minimum (SPM) dan standar nasional pendidikan (SNP) serta komponen pengembangan pendidikan lainnya sehingga memiliki tolok ukur yang jelas dan bisa
dijadikan dasar untuk mengembangkan sekolah/madrasah empat tahun mendatang serta dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar