SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG PENGAWAS DAN GURU PROFESIONAL

SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG KAMI,SEMOGA BERMANFAAT

Sabtu, 18 Februari 2012

TUGAS SEMESTER VI


Buatlah makalah tentang Etika dan profesi guru sesuai dengan topik berikut : 
  1. lPengertian Etika dan Ruang Lingkupnya
  2. lMakna dan Hakekat Etika dalam Pengembangan Profesi Guru
  3. lPengertian dan Syarat Profesi Guru
  4. lKode Etik Profesi Guru
  5. lOrganisasi Profesi Keguruan
  6. lSasaran Sikap Profesional
  7. lPengembangan Sikap Profesional
  8. lSyarat-syarat menjadi Guru Profesional
  9. lGuru Profesional sebagai Komunikator dan Fasilitator
  10. lKompetensi Guru
  11. lUpaya Pengembangan Kompetensi Guru
  12. lBeberapa Prinsip yang perlu diperhatikan dalam Pembelajaran
  13. lCara Memotivasi Belajar Siswa
  14. lPermasalahan yang dihadapi Guru

Catatan :
1. MAkalah dibuat sesuai dengan tugas masing-masing
2. Dikirim melalui komentar di bawah ini, paling lambat 2 minggu setelah pemberitahuan ini (semakin cepat, semakin baik)
Selamat mengerjakan !!!

6 komentar:

  1. GURU PROFESIONAL
    Disusun Oleh
    Nama: SITI INGANATULLOH
    NPM.09.01.1.0097



    Guru adalah seseorang yang pekerjaannya mengajar maka dalam hal ini guru yang dimaksudkan adalah guru yang memberi pelajaran atau memberi materi pelajaran pada sekolah-sekolah formal dan memberikan pelajaran atau mengajar materi pelajaran yang diwajibkan kepada semua siswanya berdasarkan kurikulum uang ditetapkan.
    Guru adalah seseorang figure yang mulia dan dimuliakan banyak orang, kehadiran guru di tengah-tengah kehidupan manusia sangat penting, tanpa ada guru atau seseorang yang dapat ditiru, di teladani oleh manusia untuk belajar dan berkembang, manusia tidak akan memiliki budaya, norma, agama. Sulit dibayangkan jika di tengah kehidupan manusia tidak adanya seorang guru, bakal tidak ada peradaban yang dapat di catat, kita akan hidup dalam tradisi-tradisi kuno, hukum rimba akan berlaku, yang kuat menindas yang lemah demikianlah seterusnya.
    Upaya guru mendidik, membimbing, mengajar dan melatih anak didik bukan suatu hal yang mudah dan gampang pekerjaan ini membuktikan pengalaman yang banyak dan keseringan, disana sini masih juga terhadap kejanggalan dan kekurangan sangat guru berupaya mengurangi sedikit mungkin kekurangan dan kesalahan di dalam mengembangkan tugas sebagai pendidik, pepatah mengatakan pengalaman merupakan guru yang paling baik.
    Tugas guru sebagai pembimbing, pelatih, dan pengajar yang merupakan pekerjaan berat, mereka memeraskan otak, mental, dan fisik untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Demikian juga mereka diberikan kesempatan sebanyak mungkin mengembangkan diri dan jabatan, seperti mengikuti kursus, pelatihan, penataran, melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan biayanya di bantu oleh negara. Kemudian diberi kesempatan menduduki jabatan apapun di negara ini sesuai dengan keahlian yang dimilikinya. Dalam arti kata profesi guru sama kedudukannya dengan profesi lainnya.
    Syarat Guru Profesional memang merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap guru. Guru profesional merupakan impian semua guru di tanah air, banyak hal utuk mewujudkan rasa keprofesionalitas seorang guru seperti sayarat-syarat dibawah. Untuk menjadi seorang guru profesional tidaklah sulit, karena profesionalnya seorang guru datang dari guru itu sendiri, Seorang guru sebenarnya memiliki komitmen yang sama yaitu mencerdaskan anak bangsa. Dewasa ini image seorang guru dimata masyarakat sangatlah susah seorang guru itu menyandang Guru Profesional, mengapa demikian? karena masyarakat menilai bahwa guru pada masa ini tidak seperti guru dimasa abad ke 12 yang memiliki pengabdian tinggi di dunia pendidikan, Didukung juga dengan adanya berbagai survey kelayakan mengajar yang diadakan oleh pemerintah. LSM, maupun organisasi lainnya bahwa kelakan mengajar seorang guru dibawah standar.
    Berikut ini ada beberapa Syarat Guru Profesional:
    1. Komitmen Tinggi Seorang profesional harus mempunyai komitmen yang kuat pada pekerjaan yang sedang dilakukannya.
    2. Tanggung Jawab Seorang profesional harus bertanggung jawab penuh terhadap pekerjaan yang dilakukannya sendiri.
    3. Berpikir Sistematis Seorang yang profesional harus mampu berpikir sitematis tentang apa yang dilakukannya dan belajar dari pengalamannya.
    4. Penguasaan Materi Seorang profesional harus menguasai secara mendalam bahan / materi pekerjaan yang sedang dilakukannya.
    5. Menjadi bagian masyarakat professional Seyogyanya seorang profesional harus menjadi bagian dari masyarakat dalam lingkungan profesinya.

    Menurut Oemar Hamalik dalam bukunya Proses Belajar Mengajar (2001;118) guru professional harus memiliki persyaratan, yang meliputi;
    1. Memiliki bakat sebagai guru
    2. Memiliki keahlian sebagai guru
    3. Memiliki keahlian yang baik dan terintegrasi
    4. Memiliki mental yang sehat
    5. Berbadan sehat
    6. Memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas
    7. Guru adalah manusia berjiwa Pancasila
    8. Guru adalah seorang warga negara yang baik.

    Sumber :
    1. http://aadesanjaya.blogspot.com/2010/11/syarat-guru-profesional.html
    2. http://ahmadazhar.wordpress.com/2009/11/07/profesionalisme-guru/

    BalasHapus
  2. ORGANISASI PROFESI KEGURUAN
    Organisasi profesi adalah suatu wadah perkumpulan orang-orang yang memiliki suatu keahlian khusus yang merupakan ciri khas dari bidang keahlian tertentu. Dikatakan ciri khas oleh karena bidang pekerjaan tersebut diperoleh bukan secara kebetulan oleh sembarang orang, tetapi diperoleh melalui satu jalur khusus. Dalam prakteknya sebagai pekerjaan profesional yang melayani masyarakat luas tentunya memerlukan satu wadah organisasi yang anggotanya adalah orang-orang yang memiliki pekerjaaan atau keahlian yang sejenis. Dalam wadah inilah diharapkan akan muncul satu kekeluargaan yang dapat memecahkan persoalan-persoalan yang dijumpai pada praktek profesi. Suatu profesi adalah bidang pekerjaan dan pengabdian tertentu, yang karena hakikat dan sifatnya membutuhkan persyaratan dasar, keterampilan teknis,dan sikap kepribadian tertentu.
    Etika profesi meliputi ketanpa-pamrihan dalam mementingkan masyarakat secara keseluruhan, dan solidaritas yang tinggi sesama rekan seprofesi.
    Seorang guru dapat dikatakan memilliki hak profesional jika memiliki lima aspek pokok yang perlu diwujudkan yakni :
    1. Mendapat pengakuan dan perlakuan hukum.
    2. Memiliki kebebasan untuk mengambil langkah-langkah interaksi edukatif dalam batas tanggung jawabnya, dan ikut serta dalam proses pengembangan pendidikan setempat.
    3. Menikmati kepemimpinan teknis dan dukungan pengelolaan yang efektif dan efisien dalam rangka menjalankan tugasnya sehari-hari.
    4. Menerima perlindungan dan penghargaan yang wajar terhadap usaha-usaha dan prestasi yanh inovatif dalam bidang pengabdiannya.
    5. Menghayati kebebasan mengembangkan kompetensi profesionalnya secara individual maupun secara institusional.
    Organisasi profesional bertujuan untuk mengikat, mengawasi, dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Mengikat para anggota dimaksudkan agar para anggota dikalangan suatu profesi dapat berkumpul dalam satu wadah dan dapat saling tukar pengalaman antar sesama anggota dalam melaksanakan praktek profesi.
    Organisasi profesional berfungsi sebagai pengendali keseluruhan profesi baik secara sendiri, maupun secara bersama-sama dengan pihak lain yang relevan. Fungsi pengendalian tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang meliputi :
    1. Penataan standar perilaku profesional guru.
    2. Penataan, standar kualifikasi dan wewenang guru.
    3. Memberikan perlindungan kepada anggotanya.
    4. Pengembangan profsei serta ilmu yang melandasinya, serta pengembangan kemampuan profesional dan akademik dari pada anggotanya.
    5. Menata alur kerja sama dengan profesi lainnya.

    BalasHapus
  3. MAKALAH

    UPAYA PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU
    Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
    Etika dan Profesi Guru, Dosen pengampuh Agus Rubiyanto, S.Pd.I.M.M













    Disusun Oleh :
    Nama : Budiono
    NPM : 09.AI.1.0100/III
    Prodi : Pendidikan Agama Islam

    FAKULTAS TARBIYAH
    STAIMA KOTA BANJAR

    Karena berkali-kali gagal menulis komentar, dokumen saya upload ke Google Docs : https://docs.google.com/document/d/1pAVgLIqjodYySfHKekcS4HkrNnUXqF1PkksXVqkA0Lo/edit

    BalasHapus