Pandangan-pandangan
ilmiah tentang pengertian pendidikan menurut ilmu psikologi, sosiologi, antroplogi,
politik, ekonomi dan filsafat
1. Pandangan
Psikologi
Psikologi adalah ilmu yg mempelajari perilaku dan
proses-proses mental manusia. Menurut psikologi manusia merupakan makhluk yg memilili berbagai potensi, mampu belajar,
bersifat unik, memiliki berbagai kebutuhan, dst. Pendidikan merupakan proses aktualisasi
berbagai potensi dan individuasi. Implikasi terhadap pendidikan :
berkembangnya psikologi pendidikan dan diterapkannya Landasan psikologis
pendidikan dalam praktik pendidikan
2. Pandangan
Sosiologi
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur dan dinamika sosial. Menurut
tinjauan sosiologi , manusia merupakan makhluk sosial. Pendidikan, menurut
sosiologi, adalah proses sosialisasi, dan masyarakat merupakan ekologi
pendidikan. Landasan sosiologis dibutuhkan dalam praktik pendidikan.
3. Pandangan
Atropologi Budaya
Antropologi budaya merupakan ilmu yg mempelajari
kebudayaan. Menurut antropologi budaya, manusia merupakan makhluk yang
berbudaya. Pendidikan, menurut antropologi budaya, adalah proses enkulturasi . Landasan
atropologis dibutuhkan dalam praktik pendidikan.
4. Pandangan
Ilmu Politik
Ilmu politik adalah ilmu yg mempelajari kekuasaan, wewenang, dan upaya manusia untuk mendapatkannya. Menurut ilmu politik,
manusia adalah animal politicon. Pendidikan merupakan proses civilisasi (proses pengembangan manusia menjadi warga negara yang baik). Implikasi pandangan
tersebut dlm praktik pendidikan dilansanakannya
pendidikan kewarganegaraan dan pendidikan politik.
5. Pandangan
Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari
upaya-upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan materinya. Menurut ilmu ekonomi,
manusia pada dasarnya merupakan animal economicus. Pendidikan pada dasarnya
merupakan proses human invesment.
6. Pandangan
Filsafat Antroplogi
Filsafat antroplogi adalah cabang filsafat yang
khusus mempelajari hakikat manusia. Menurut filsafat antropologi , manusia merupakan
makhluk mono pluralis, kesatuan yang terdiri dari berbagai aspek. Pendidikan,
menurut filsafat antroplogi, pada dasarnya adalah proses humanisasi, yaitu proses
menuju manusia seutuhnya. Implikasi pandangan di atas, dimasukannya konsep manusia
seutuhnya dlm teori dan praktik pendidikan.
Hubungan
Pendidikan dengan Ilmu dan Teknologi
Hubungan
Pendidikan dengan Ilmu dan Teknologi antara lain :
¨
Ilmu
dan teknologi merupakan unsur kebudayaan yang dewasa ini mengalami perkembangan
yang sangat pesat .
¨
Perkembangan
ilmu dan teknologi hanya terjadi jika ada SDM yang berkualitas. SDM yang berkualitas
dapat terwujud melalui pendidikan yang berkualitas.
¨
Pendidikan
merupakan proses alih ilmu dan teknologi.
Aplikasi Dasar Ilmu & Teknologis
dalam Pendidikan
a. Sebagai acuan dalam merumuskan tujuan pendidikan.
b. Sebagai
acuan dalam mengembangkan kurikulum.
c. Sebagai
acuan dalam mendesain pembelajaran.
d. Sebagai
acuan dalam mengembangkan model pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar