SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG PENGAWAS DAN GURU PROFESIONAL

SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG KAMI,SEMOGA BERMANFAAT

Minggu, 01 Januari 2012

Pandangan-pandangan Ilmiah Tentang Pengertian Pendidikan



Pandangan-pandangan ilmiah tentang  pengertian pendidikan  menurut ilmu psikologi, sosiologi, antroplogi, politik, ekonomi dan filsafat

1.   Pandangan Psikologi
Psikologi adalah ilmu yg mempelajari perilaku dan proses-proses mental manusia. Menurut psikologi manusia merupakan makhluk  yg memilili berbagai potensi, mampu belajar, bersifat unik, memiliki berbagai kebutuhan, dst.  Pendidikan merupakan proses aktualisasi berbagai potensi dan individuasi. Implikasi terhadap pendidikan : berkembangnya psikologi pendidikan dan diterapkannya Landasan psikologis pendidikan dalam praktik pendidikan           

2.   Pandangan Sosiologi
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari  struktur dan dinamika sosial. Menurut tinjauan sosiologi , manusia merupakan makhluk sosial. Pendidikan, menurut sosiologi, adalah proses sosialisasi, dan masyarakat merupakan ekologi pendidikan. Landasan sosiologis dibutuhkan dalam praktik pendidikan.

3.   Pandangan Atropologi Budaya
Antropologi budaya merupakan ilmu yg mempelajari kebudayaan. Menurut antropologi budaya, manusia merupakan makhluk yang berbudaya. Pendidikan, menurut antropologi budaya, adalah proses enkulturasi . Landasan atropologis dibutuhkan dalam praktik pendidikan.

4.   Pandangan Ilmu Politik
Ilmu politik adalah ilmu yg mempelajari   kekuasaan, wewenang, dan upaya manusia    untuk mendapatkannya. Menurut ilmu politik, manusia adalah animal politicon. Pendidikan merupakan proses civilisasi            (proses pengembangan manusia menjadi warga negara yang baik). Implikasi pandangan tersebut dlm praktik       pendidikan dilansanakannya pendidikan kewarganegaraan dan pendidikan politik.

5.   Pandangan Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari upaya-upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan materinya. Menurut ilmu ekonomi, manusia pada dasarnya merupakan animal economicus. Pendidikan pada dasarnya merupakan proses human invesment.

6.   Pandangan Filsafat Antroplogi
Filsafat antroplogi adalah cabang filsafat yang khusus mempelajari hakikat manusia. Menurut filsafat antropologi , manusia merupakan makhluk mono pluralis, kesatuan yang terdiri dari berbagai aspek. Pendidikan, menurut filsafat antroplogi, pada dasarnya adalah proses humanisasi, yaitu proses menuju manusia seutuhnya. Implikasi pandangan di atas, dimasukannya konsep manusia seutuhnya dlm teori dan praktik pendidikan.

Hubungan Pendidikan dengan Ilmu dan Teknologi
Hubungan Pendidikan dengan Ilmu dan Teknologi antara lain :
¨      Ilmu dan teknologi merupakan unsur kebudayaan yang dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat .
¨      Perkembangan ilmu dan teknologi hanya terjadi jika ada SDM yang berkualitas. SDM yang berkualitas dapat terwujud melalui pendidikan yang berkualitas.  
¨      Pendidikan merupakan proses alih ilmu dan     teknologi.

Aplikasi Dasar Ilmu & Teknologis  dalam Pendidikan
a.   Sebagai acuan dalam merumuskan tujuan pendidikan.
b.   Sebagai acuan dalam     mengembangkan kurikulum.
c.   Sebagai acuan dalam mendesain pembelajaran.
d.   Sebagai acuan dalam     mengembangkan model pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar