SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG PENGAWAS DAN GURU PROFESIONAL

SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG KAMI,SEMOGA BERMANFAAT

Rabu, 30 Maret 2011

Perbedaan Pengertian Strategi, Model dan Metode Pembelajaran


Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran meliputi aspek yang lebih luas daripada metode pembelajaran. Strategi pembelajaran merupakan cara pandang dan pola pikir guru dalam mengajar. Dalam mengembangkan strategi pembelajaran paling tidak guru perlu mempertimbangkan beberapa hal antara lain: bagaimana mengaktifkan siswa, bagaimana siswa memba­ngun peta konsep, bagaimana mengumpulkan informasi dengan stimulus pertanyaan efektif, bagaimana menggali informasi dari media cetak dan elektronika, bagaimana membandingkan dan mensintesiskan informasi, bagaimana mengamati (mengawasi) kerja siswa secara aktif, bagai­mana cara menganalisis dengan peta akibat atau roda masa depan, serta bagaimana melakukan kerja praktik. (Masnur Muslich, 2007:67)
Strategi belajar mengajar merupakan sejumlah langkah yang direkayasa sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu. Dick dan Carey (1985) menyatakan bahwa strategi pembelajar­an terdiri dari komponen-komponen umum dari sejumlah bahan pembelajaran dan prosedur-prosedur yang akan digunakan bersa­ma bahan-bahan tersebut untuk menghasilkan hasil belajar ter­tentu pada siswa
Beberapa strategi pembelajaran yang umum digunakan dalam proses pembelajaran :
  • Ekspository Learning, Strategi ini dilatarbelakangi anggapan bahwa siswa masih kosong dengan ilmu (Teory Blank Slade/Bejana Kosong). Secara garis besar prosedur Strategi  Ekspository Learning ini adalah:
    • Preparasi. Guru mempersiapkan (preparasi) bahan selengkapnya secara sistematis dan rapi.
    • Apersepsi. Guru bertanya atau memberikan uraian singkat untuk mengarahkan perhatian anak didik kepada materi yang akan diajarkan.
    • Presentasi. Guru menyajikan bahan dengan cara memberikan ceramah atau menyuruh anak didik membaca bahan yang telah disiapkan dari buku teks tertentu atau yang ditulis guru sendiri.
    • Resitasi. Guru bertanya dan anak didik menjawab sesuai bahan yang dipelajari, atau anak didik disuruh menyatakan kembali dengan kata-kata sendiri (resitasi), tentang pokok-pokok masalah yang telah dipelajari, baik yang dipelajari secara lisan maupun tulisan (Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, 2002).
  • Enquiry Learning,  Enquiry learning adalah strategi belajar untuk mencari dan menemukan sendiri
  • Mastery Learning/Belajar Tuntas. Istitah belajar tuntas diangkat dari pengertian tentang apa yang disebut dengar "situasi belajar”.
  • Humanity Education, Humanity education merupakan strategi klasik dalam pembelajaran, tetapi beberapa prinsip dasarnya diambil para ahli pendidikan untuk dijadikan sebuah sistem proses pembelajaran. Humanity education menekankan pengembangan martabat manusia yang bebas membuat pilihan dan berkeyakinan

Model Pembelajaran
Menurut Nana, model pembelajaran (yang ia samakan dengan metode) adalah cara atau tekhnik yang digunakan dalam mencapai tujuan (1995: 22). model diartikan sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan
Model pembelajaran dapat didefinisikan sebagai kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematik  dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu yang berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran (Udin, 1992: 109-110).
Model Pembelajaran adalah, sebuah rencana atau pola yang dapat digunakan untuk mendesain materi pembelajaran, memandu pembelajaran di kelas dan setting lainnya.  (Bruce Joyce and Marsha Weil, Models for teaching dalam Peter F. Oliva, Developing the Curriculum, Little,Brown and Company, 1982), p. 385).
Model pembelajaran ada 3 rumpun : Direct Instruction, Cooperative learning dan Problem Based Instruction.

Metode Pembelajaran
Helmut Nolker dan Eberhard Scoenfeld (1988: 92) menyatakan bahwa penentuan suatu tujuan perlu pula mempertimbangkan metode. Karenanya antara sasaran atau tujuan belajar serta substansinya di satu pihak dan metode, terdapat pertalian yang dapat dikatakan logis.
Metode pembelajaran, terdiri atas berbagai macam cara yang digunakan dalam setiap langkah pada urutan kegiatan pembelajaran. Setiap langkah mungkin menggunakan satu atau beberapa metode, atau beberapa langkah menggunakan metode yang sama.

4 komentar:

  1. Yang ingin saya tanyakan disini. .peta konsep itu termasuk strategi, model, atau metode??
    Terimakasih
    :)

    BalasHapus
  2. bisa kasih tau ga, perbedaan model pembelajaran dengan metode pembelajaran ???

    BalasHapus
  3. BUAT DONG CONTOH DARI AWAL KEGIATAN; KURIKULUM--->RPP/PERTEMUAN--> STRATEGIES

    BalasHapus
  4. wah sama ni masih dibingungkan dengan perbedaan metode dengan model. masih belum nemu jawabannya.

    BalasHapus