SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG PENGAWAS DAN GURU PROFESIONAL

SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG KAMI,SEMOGA BERMANFAAT

Kamis, 17 Maret 2011

Strategi Pembelajaran Melalui Bernyanyi

Pembelajaran melalui menyanyi memberikan manfaat yang banyak bagi pengembangan kognitif, afektif maupun psikomotorik anak. Seperti Honig, dalam Masitoh dkk. (2005: 11.3) menyatakan bahwa bernyanyi memiliki banyak manfaat untuk praktik pendidikan anak dan pengembangan pribadinya secara luas karena :
  • bernyanyi bersifat menyenangkan,
  • bernyanyi dapat dipakai untuk mengatasi kecemasan,
  • bernyanyi merupakan media untuk mengekspresikan perasaan,
  • bernyanyi dapat membantu membangun rasa percaya diri anak,
  • bernyanyi dapat membantu daya ingat anak,
  • bernyanyi dapat mengembangkan rasa humor,
  • bernyanyi dapat membantu pengembangan keterampilan berpikir dan kemampuan motorik anak, dan
  • bernyanyi dapat meningkatkan keeratan dalam sebuah kelompok.
Strategi pembelajaran dengan bernyanyi terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut :
1. Tahap perencanaan, terdiri dari:
  • penetapkan tujuan pembelajaran,
  • penetapan materi pembelajaran,
  • menetapkan metode dan teknik pembelajaran, dan
  • menetapkan evaluasi pembelajaran.
2. Tahap pelaksanaan,
    Berupa pelaksanaan apa saja yang telah direncanakan, yang terdiri dari:

Kegiatan awal
Guru memperkenalkan lagu yang akan dinyanyikan bersama dan memberi contoh bagaimana seharusnya lagu itu dinyanyikan serta memberikan arahan bagaimana bunyi tepuk tangan yang mengiringinya.

Kegiatan tambahan
Anak diajak mendramatisasikan lagu, misalnya lagu Dua Mata Saya, yaitu dengan melakukan gerakan menunjuk organ-organ tubuh yang ada dalam lirik lagu.

Kegiatan pengembangan
Guru membantu anak untuk mengenal nada tinggi dan rendah dengan alat musik, misalnya pianika.
 
3. Tahap penilaian,
Dilakukan dengan memakai pedoman observasi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah dicapai anak secara individual maupun kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar