Dalam konteks pendidikan, Bloom dkk telah merinci perilaku manusia dengan sistematika disusun secara meningkat, dalam rangka
mengembangkan perangkat-perangkat tujuan pendidikan yang berorientasi pada
perilaku (behavior objectives) yang dapat diamati (observable)
dan dapat diukur (measurable) secara
ilmiah (scientific)
mengenai ketiga domain seperti tersebut di atas.
Secara garis besar taksonomi perilaku menurut Bloom sbb:
a. The Cognitive Domain (kawasan kognitif), meliputi :
1)
Knowledge (pengetahuan);
2)
Comprehension (pemahaman);
3)
Application (penerapan);
4)
Analysis (analisis);
5) Synthesis (memadukan);
6)
Evaluation (evaluasi).
b. The Affective Domain (kawasan
afektif) meliputi :
1) Receiving
(penerimaan);
2) Responding
(sambutan);
3)
Valuing (penghargaan);
4)
Organization (pengorganisasian);
5)
Characterization (karakterisasi);
c. The Psychomotor Domain (kawasan
konatif), meliputi:
1) Gross body movement (gerakan jasmani
biasa);
2) Finely coordinated movement (gerakan
indah);
3) Nonverbal communication sets (komunikasi
nonverbal);
4) Speech behavior (perilaku verbal).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar