SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG PENGAWAS DAN GURU PROFESIONAL

SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG KAMI,SEMOGA BERMANFAAT

Minggu, 01 Januari 2012

TUJUAN PENDIDIKAN BERDASARKAN DOMAIN KEMAMPUAN / PERILAKU MANUSIA MENURUT BLOOM


Dalam konteks pendidikan,   Bloom dkk telah merinci  perilaku manusia  dengan sistematika  disusun secara meningkat, dalam rangka mengembangkan perangkat-perangkat tujuan pendidikan yang berorientasi pada perilaku (behavior objectives) yang dapat diamati (observable) dan dapat  diukur  (measurable)  secara  ilmiah (scientific)  mengenai  ketiga  domain seperti tersebut di atas.
Secara garis besar taksonomi perilaku menurut Bloom sbb:
a.   The Cognitive Domain (kawasan kognitif), meliputi :
1)   Knowledge (pengetahuan);
2)   Comprehension (pemahaman);
3)   Application (penerapan);
4)   Analysis (analisis);
5)   Synthesis (memadukan);
6)   Evaluation (evaluasi).
b. The Affective Domain (kawasan afektif) meliputi :
1)      Receiving (penerimaan);
2)      Responding (sambutan);
3)   Valuing (penghargaan);
4)   Organization (pengorganisasian);
5)   Characterization (karakterisasi);
c. The Psychomotor Domain (kawasan konatif), meliputi:
1)   Gross body movement (gerakan jasmani biasa);
2)   Finely coordinated movement (gerakan indah);
3)   Nonverbal communication sets (komunikasi nonverbal);
4)   Speech behavior (perilaku verbal).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar