Tugas :
I. Buatlah makalah DASAR-DASAR PENDIDIKAN yang meliputi topik berikut ini:
1. Pengertian dan ruang lingkup pendidikan
2. Sejarah perkembangan pendidikan
3. Peran dan fungsi pendidikan
4. Tujuan Pendidikan
5. Komponen komponen pendidikan
6. Pendekatan dan metode pendidikan
7. Teori tentang pendidikan dan pengembangan potensi fitrah insani
8. Teori tentang pendidikan sebagai suatu sistem
Dikirim lewat komentar di blogpaling lambat 2 minggu setelah pemberitahuan ini !!!
II. Jawablah soal-soal berikut ini :
Selamat Mengerjakan, semoga bermanfaat !!!!!!
I. Buatlah makalah DASAR-DASAR PENDIDIKAN yang meliputi topik berikut ini:
1. Pengertian dan ruang lingkup pendidikan
2. Sejarah perkembangan pendidikan
3. Peran dan fungsi pendidikan
4. Tujuan Pendidikan
5. Komponen komponen pendidikan
6. Pendekatan dan metode pendidikan
7. Teori tentang pendidikan dan pengembangan potensi fitrah insani
8. Teori tentang pendidikan sebagai suatu sistem
Dikirim lewat komentar di blogpaling lambat 2 minggu setelah pemberitahuan ini !!!
II. Jawablah soal-soal berikut ini :
1.
Kebutuhan
manusia akan pendidikan
merupakan sebuah kebutuhan primer. Herbert
Spencer, seperti dikutip dari Jumransyah, mengemukakan bahwa pendidikan adalah
mempersiapkan manusia untuk hidup sempurna. Jelaskan apa maksud pernyataan di
atas!
2. Komponen-komponen yang memungkinkan terjadinya
proses pendidikan atau terlaksananya proses mendidik minimal terdiri dari 6
komponen, yaitu 1) tujuan pendidikan, 2) peserta didik, 3) isi pendidikan, dan
6) konteks yang mempengaruhi suasana pendidikan. Jelaskan secara singkat
masing-masing komponen tersebut !
3. Pelaksanaan desentralisasi pendidikan atau
disebut Otonomi Pendidikan masih belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan yang
diharapkan, Menurut Saudara faktor –faktor apa yang menyebabkan
pelaksanaan otonomi pendidikan belum berjalan seperti yang diharapkan.
4.
Dalam pasal 13, ayat 1 UU Sisdiknas No. 20 tahun
2003 dinyatakan bahwa Jalur Pendidikan terdiri atas pendidikan formal,
nonformal dan informal. Jelaskan masing-masing pengertiannya serta berikan
contohnya.
5. Menurut beberapa orang menyatakan bahwa kualitas
pendidikan di Indonesia
saat ini sangat memprihatinkan. Tiga dekade lalu Negara Malaysia belajar ke Indonesia tentang masalah
kependidikan namun kini terbalik, kita yang harus banyak belajar dari mereka
tentang kependidikan. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia
tentunya bukan tanpa sebab. Hampir seluruh faktor pendukung pendidikan di
Indonesia mengalami kemunduran atau apabila tidak mau disebut kemunduran,
faktor-faktor tersebut mengalami stagnasi, sedangakan tuntutan zaman begitu
keras dan cepat dan seluruh bangsa-bangsa lain di dunia telah bergerak ekstra
cepat untuk menjadi yang terbaik, akan tetapi bangsa kita masih terus-menerus
dihadapkan pada permasalahan klasik yang entah kapan baru bisa berakhir.
Bagaimana pendapat Saudara
tentang pernyataan tersebut, dan jelaskan faktor-faktor yang paling dominant
mempengaruhi permasalahan pendidikan di Indonesia
6. Dalam konteks pendidikan, Bloom dkk telah merinci perilaku manusia dengan sistematika yang disusun secara meningkat, dalam rangka
mengembangkan perangkat-perangkat tujuan pendidikan yang berorientasi pada
perilaku (behavior objectives) yang dapat diamati (observable)
dan dapat diukur (measurable) secara
ilmiah (scientific). Sebutkan dan jelaskan mengenai
ketiga domain tersebut !
7. Usaha pendidikan merupakan proses yang
kompleks, meliputi berbagai
komponen yang saling berhubungan yaitu raw input, instrumental input, enfironmental
input, out put dan proses.
Buatlah skema hubungan tersebut dan jelaskan hubungan
unsur-unsur pendidikan tersebut di dalam kegiatan pendidikan yang dapat
membuahkan hasil pendidikan yang optimal !
8. Ada
4 (empat) pilar pendidikan yaitu learning to know, learning to do, learning to
be dan learning to live together. Jelaskan keempat pilar tersebut !
9.
Sebutkan faktor – faktor penyebab masalah
pendidikan di Indonesia
dan menurut saudara upaya apa untuk mengatasi masalah pendidikan tersebut !
10.
Masalah pada hakikatnya adalah kesenjangan
antara harapan dengan kenyataan. Masalah pendidikan adalah kesenjangan antara
apa yang diharapkan dengan apa yang terwujud dalam bidang pendidikan. Menurut
Redja Mudyahardjo masalah-masalah pendidikan di Indonesia dapat dikelompokkan
menjadi 4 (empat), yaitu ( 1) masalah partisipasi/kesempatan memperoleh
pendidikan, (2) masalah efisiensi pendidikan, (3) masalah efektivitas pendidikan, dan (4) masalah
relevansi pendidikan. Uraikan
secara singkat masing-masing masalah tersebut !.
Jawaban dikirim di Email "agusr734@gmail.com" paling lambat 2 minggu setelah pemberitahuan ini .Selamat Mengerjakan, semoga bermanfaat !!!!!!
ko nda bisa dikirim sih
BalasHapus