SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG PENGAWAS DAN GURU PROFESIONAL

SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG KAMI,SEMOGA BERMANFAAT

Senin, 20 Februari 2012

TUGAS REMIDI MAHASISWA SEMESTER I

Tugas :
I. Buatlah makalah DASAR-DASAR PENDIDIKAN yang meliputi topik berikut ini:
 1. Pengertian dan ruang lingkup pendidikan
2. Sejarah perkembangan pendidikan
3. Peran dan fungsi pendidikan
4. Tujuan Pendidikan
5. Komponen komponen pendidikan
6. Pendekatan dan metode pendidikan
7. Teori tentang pendidikan  dan pengembangan potensi fitrah  insani
8. Teori tentang pendidikan sebagai suatu sistem
Dikirim lewat komentar di blogpaling lambat 2 minggu setelah pemberitahuan ini !!!

II. Jawablah soal-soal berikut ini :
 1.           Kebutuhan manusia akan pendidikan merupakan sebuah kebutuhan primer. Herbert Spencer, seperti dikutip dari Jumransyah, mengemukakan bahwa pendidikan adalah mempersiapkan manusia untuk hidup sempurna. Jelaskan apa maksud pernyataan di atas!
2.        Komponen-komponen yang memungkinkan terjadinya proses pendidikan atau terlaksananya proses mendidik minimal terdiri dari 6 komponen, yaitu 1) tujuan pendidikan, 2) peserta didik, 3) isi pendidikan, dan 6) konteks yang mempengaruhi suasana pendidikan. Jelaskan secara singkat masing-masing komponen tersebut !
3.     Pelaksanaan desentralisasi pendidikan atau disebut Otonomi Pendidikan masih belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan yang diharapkan,  Menurut Saudara  faktor –faktor apa yang menyebabkan pelaksanaan otonomi pendidikan belum berjalan seperti yang diharapkan.
4.              Dalam pasal 13, ayat 1 UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 dinyatakan bahwa Jalur Pendidikan terdiri atas pendidikan formal, nonformal dan informal. Jelaskan masing-masing pengertiannya serta berikan contohnya.
5.    Menurut beberapa orang menyatakan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Tiga dekade lalu Negara Malaysia belajar ke Indonesia tentang masalah kependidikan namun kini terbalik, kita yang harus banyak belajar dari mereka tentang kependidikan. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia tentunya bukan tanpa sebab. Hampir seluruh faktor pendukung pendidikan di Indonesia mengalami kemunduran atau apabila tidak mau disebut kemunduran, faktor-faktor tersebut mengalami stagnasi, sedangakan tuntutan zaman begitu keras dan cepat dan seluruh bangsa-bangsa lain di dunia telah bergerak ekstra cepat untuk menjadi yang terbaik, akan tetapi bangsa kita masih terus-menerus dihadapkan pada permasalahan klasik yang entah kapan baru bisa berakhir.
Bagaimana pendapat Saudara tentang pernyataan tersebut, dan jelaskan faktor-faktor yang paling dominant mempengaruhi permasalahan pendidikan di Indonesia
6.         Dalam konteks pendidikan,   Bloom dkk telah merinci  perilaku manusia  dengan sistematika  yang disusun secara meningkat, dalam rangka mengembangkan perangkat-perangkat tujuan pendidikan yang berorientasi pada perilaku (behavior objectives) yang dapat diamati (observable) dan dapat  diukur  (measurable)  secara  ilmiah (scientific). Sebutkan dan jelaskan   mengenai  ketiga  domain tersebut !
7.      Usaha pendidikan merupakan proses yang kompleks,  meliputi  berbagai  komponen yang saling berhubungan yaitu raw input, instrumental input, enfironmental input, out put dan proses.
Buatlah skema hubungan tersebut dan jelaskan hubungan unsur-unsur pendidikan tersebut di dalam  kegiatan pendidikan yang dapat membuahkan hasil pendidikan yang optimal !
8.            Ada 4 (empat) pilar pendidikan yaitu learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together. Jelaskan keempat pilar tersebut !
9.              Sebutkan faktor – faktor penyebab masalah pendidikan di Indonesia dan menurut saudara upaya apa untuk mengatasi masalah pendidikan tersebut !
10.          Masalah pada hakikatnya adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan. Masalah pendidikan adalah kesenjangan antara apa yang diharapkan dengan apa yang terwujud dalam bidang pendidikan. Menurut Redja Mudyahardjo masalah-masalah pendidikan di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi 4 (empat), yaitu ( 1) masalah partisipasi/kesempatan memperoleh pendidikan, (2) masalah efisiensi pendidikan, (3) masalah  efektivitas pendidikan, dan (4) masalah relevansi pendidikan. Uraikan secara singkat masing-masing masalah tersebut !.
Jawaban dikirim di Email "agusr734@gmail.com" paling lambat 2  minggu setelah pemberitahuan ini .
Selamat Mengerjakan, semoga bermanfaat !!!!!!

1 komentar: