SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG PENGAWAS DAN GURU PROFESIONAL

SELAMAT BERGABUNG DENGAN BLOG KAMI,SEMOGA BERMANFAAT

Sabtu, 19 Maret 2011

Soal-soal Latihan Ujian Nasional SD-MI Mapel Matematika 2010/2011 indikator 21-25


XXI.           Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari tiga satuan berat yang berbeda.

1.          Dalam gudang terdapat 42,766 ton beras. Beras itu telah dijual sebanyak 7 truk. Jika isi setiap truk adalah 3.105 kg, maka sisa beras dalam gudang adalah …kg. (39.660)
2.          Seorang pedagang membeli beras 1,5 ton, gula pasir 2 ½ kuintal, cabai merah 200 ons, dan bawang merah 50 kg. Jumlah berat keseluruhan ada …kg
3.          Sebuah truk beratnya 1,5 ton mengangkut kedelai seberat 20 kuintal dan kacang tanah seberat 750 pon. Berat truk dan seluruh muatannya adalah ….kg
4.          Wati membeli 2 ½ kg gula, 6 ons garam dan 400 gram bumbu masak. Berat belanjaan Wati seluruhnya ….ons.
5.          Kolam Pak Hadi menghasilkan 2,4 kuintal ikan mas, dan 128 kg ikan bawal. Selisih dari dua macam ikan tersebut adalah ….kg 
6.          Sebuah kendaraan mengangkat batu bata dan genting dengan berat seluruhnya 6.275  kg. Berat batu bata 2.250 kg, maka berat genting adalah ….ton 
7.          Dalam gudang terdapat 42.766 ton beras. Beras itu atelah dijual sebanyak 7 truk. Jika isi setiap truk adalah 3.105 kg, maka sisa beras dalam gudang adalah …kg.
8.          Ibu membeli tepung sebanyak 15 pon, di rumah telah ada 2 3/8 kg. Tepung terigu tersebut dibuat kue sebanyak 47,5 ons. Sisanya digunakan untuk membuat kue asin sebanyak …kg
9.          Ibu membeli pepaya seberat  1 3/8 kg dan durian 3 ons lebih ringan dari pepaya. Berat buah-buahan yang dibeli ibu seluruhnya adalah …pon.
10.     Kapasitas sebuah lift 7 kuintal. Tiga orang naik lift tersebut dengan berat 52 kg per orang. Kemudian, naik dua orang lagi dengan berat 96 pon per orang. Berat yang masih dapat ditampung dalam lift yaitu …orang.
11.     Sebuah truk membawa muatan seberat 20 3/5 ton beras. Beras diturunkan di sebuah agen sebanyak 16,5 kuintal. Sisa beras yang masih berada di atas truk adalah …kg.
12.     Kolam pak Hadi menghasilkan 2,4 kuintal ikan mas dan 128 kg ikan bawal. Selisih berat dari dua jenis ikan tersebut adalah …kg
13.     Sebuah kendaraan mengangkut batu bata dan genting dengan berat seluruhnya 6,275 kg. Jika berat batu bata 22,5 kuintal, maka berat genting adalah …ton.
14.     Kebun pak Ahmad luasnya 2 ½ hektar. Setiap hektar menghasilkan 3 ton kopi. Kopi itu dimasukkan ke dalam karung masing-masing beratnya 100 kg. Pak Ahmad memerlukan …karung.
15.       Berat badan adik ketika dilahirkan 3.600 gram. Setiap bulan berat badan adik naik 1,5 pon. Berat adik ketika berumur 10 bulan adalah ….kg.

XXII.        Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan luas yang berbeda.

1.          30.800 m2 + 3 ha2 + 40 dam2 = ….are
2.          3,5 hm2 + 9,4 dam2 = ….are
3.          0,15 ha + 1,49 dam2 – 6,05 ca = ….ca
4.          1/5 km2 + 3,5 hm2 + 400 m2 = ….dam2 
5.          3,5 hektar + 25 dam2 – 40.000 cm2 = ….m2 
6.          ½ km2 + 3,5 hm2 + 400 m2 = ….dam2.
7.          0,75 hm2 – 14 dam2 + 50 m2 = ….m
8.          6 m2 = ….mm2
9.          1 m2 + 16 cm2 – 4 dm2 = ….. cm2 
10.     43,0181 ha = ….m2 
11.     200 mm2 + 3 m2 – 10 dm2 = ….cm2 
12.     Kakek mempunyai dua bidang sawah, masing-masing luasnya 0,825 ha dan 1 1/5 ha. Sawah itu diberikan kepada paman seluas 60 are, kepada bibi seluas 5.000 m2, dan sisanya diberikan kepada ayah. Bagian ayah adalah seluas …ha. (1,255)
13.     Pak Ahmad mempunyai 3 petak tanah yang luasnya 0,5 hektar, 35 dam2 dan 15 are. Luas tanah Pak Ahmad seluruhnya ….m2.
14.     Luas kebun pak Rusdi 3 hektar. Kebun itu akan ditanami pohon kelapa sawit 150 are dan pohon salak 1 hektar serta sisanya tidak ditanami. Kebun yang tidak ditanami seluas ….are. 
15.     Rusuk sebuah kubus panjangnya 0,8. Luas permukaan kubus tersebut adalah ….dm2
16.     Seorang petani mempunyai tanah seluas 4,8 ha. Tanah tersebut ia tanami padi seluas 96 are, jagung seluas 2,4 ha dan sisanya ia tanami ketela pohon. Luas tanah yang ditanami ketela pohon adalah …m2.
17.     Pak Burhan membeli sebidang tanah berbentuk persegipanjang dengan panjang 3 hm dan lebar 15 dam. Luas tanah yang dibeli Pak Burhan adalah …ha.
18.     Sebuah tabung panjang diameter alasnya 1,4 cm dan tingginya 1,7 cm. Luas selimut tabung tersebut adalah …mm2 
19.     Sebidang tanah berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 65 m dan lebar 38 m. Luas tanah tersebut adalah ….
20.     Alas sebuah segi tiga 45 cm dan tingginya 29 cm. Luas segi tiga tersebut adalah …cm

XXIII.     Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan volume yang berbeda.

1.          5 m3 + 2 dm3 – 15 liter = ….liter
2.          Hasil dari 1,5 liter + 2 dm3 adalah ….cm3     
3.          2,5 liter + 2 dm3 = ….cm3
4.          0,4 m3 + 12 dm3 = ….cm3 
5.          ½ m3 + 1.000 cm3 =   ….liter.
6.          0,4 m3 + 12 dm3 = ….cm3 
7.          0,25 dam3 + 4000 dm3 + 320 m3 = …..m3
8.          25 hm3 = …m3 
9.          0,005 m3 + 400 ml – 3,5 dm3 = …liter
10.     2,5 m3 – 50 liter + 25 dal = ….dm3 
11.     4.500 cm3 + 2 ½ liter + 3 dm3 = ….liter
12.     90 dm3 + 9 liter – 9.000 cm3 = ….m3 
13.     Sebuah balok berukuran panjang 20 cm, lebar 15 cm dan tinggi 3 cm. Volume balok itu adalah …cm3.
14.     Sebuah bak berisi 1,5 m3 air yang diisikan pada 3 ember masing-masing berkapasitas 15 liter. Sisa air dalam bak adalah …dm3 (105)
15.     Volum bak mandi 0,6 m. Bak tersebut dapat menampung air sebanyak ….liter
16.     Panjang sebuah balok 21 m, lebar 16 m dan tinggi 7 m. Volum balok adalah … m 
17.     Tempat air dengan volum 1,5 m3 dapat menampung air ….liter.
18.     Tempat air dengan volume 2 m3 mampu menampung air ….liter.
19.     Sebuah balok panjangnya 7,5 dm, lebarnya 2,5 dm dan tingginya 0,4 dm. Volume balok tersebut adalah …cm3.
20.     Sebuah kemasan minuman berbentuk balok dengan panjang 38 cm, lebar 30 cm dan tinggi 42 dm. Kemasan tersebut berisi minuman sebanyak ¾ bagian. Banyak minuman pada kemasan tersebut adalah …liter.

XXIV.      Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.

1.          Kecepatan motor yang menempuh jarak 14 km dalam waktu 15 menit adalah ….km/jam (210)
2.          Jarak kota A dan kota B adalah 170 km. Sebuah kendaraan melaju dengan kecepatan 34 km/jam. Waktu yang diperlukan kendaraan tersebut untuk menempuh jarak kota A dan B adalah ....jam
3.          Jarak Semarang ke Solo 120 km. Sebuah bus melaju dengan kecepatan 60 km/jam. Waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan tersebut adalah ....menit.
4.          Jarak kota A sampai kota B 60 km. Ali mulai bersepeda dari kota A ake kota B pukul 08.55 dengan kecepatan rata-rata 15 km/jam. Pada waktu yang sama Husein juga berangkat dari kota A ke kota B dengan kecepatan 20 km/jam. Setelah menempuh perjalanan 2 jam, Husein beristirahat sambil menanti Ali. Lama  Husein beristirahat dsampai tersusul Ali adalah ...jam.
5.          Jarak Cilacap – Purworejo adalah 58 km. Arman bersepeda motor dari Cilacap pukul 07.45 dan sampai Purworejo pukul 09.45. Kecepatan rata-rata perjalanan Arman adalah ....km/jam.
6.          Atik bersepeda dari rumah ke sekolah dengan kecepatan 5 meter/detik. Jarak antara rumah Atik dan sekolah 1.500 meter. Waktu yang diperlukan Atik berangkat dari rumah ke sekolah adalah …menit.
7.          Iwan dari kota A ke kota B dengan kecepatan 45 km/jam. Sedangkan Andi dari kota B ke kota A dengan kecepatan rata-rata 35 km/jam. Mereka berangkat pada pukul 07.10. Jika jarak kota A ke kota B 280 km, maka mereka berpapasan pukul ….
8.          Jarak kota A – B 200 km. Sebuah mobil berangkat dari kota A menuju kota B dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut adalah ...jam.
9.          Jarak Jakarta – Bandung 195 km. Jarak tersebut dapat ditempuh oleh sebuah mobil dalam 3 jam. Kecepatan rata-rata mobnil tersebut adalah ....km/jam.
10.     Sebuah mobil berangkat dari Jakarta ke Surabaya dengan kecepatan rata-rata 70 km/jam. Setelah berjalan 10 jam mobil tersebut tiba di Surabaya. Jarak jakarta – Surabaya adalah ...km.
11.     Jakarta – Cirebon jaraknya 385 km. Sebuah mobil menempuh jarak tersebut dengan kecepatan rata-rata 70 km/jam. Waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut adalah ....jam.
12.     Sebuah mobil dengan kecepatan rata-rata 65 km/jam memerlukan waktu 3 1/5 jam untuk menempuh jarak dari kota A – B. Jarak kota A – B tersebut adalah ....km.
13.     Sebuah kereta api berangkat dari Jakarta pukul 06.45 dan tiba di Cirebon pukul 10.30. Kecepatan kereta api jika jaraknya 270 km adalah ...km/jam.
14.     Kecepatan sebuah bus adalah 65 km/jam. Bus tersebut melintas dari kota A ke kota B yang jaraknya 221 km. Jika bus tiba di kota B pukul 15.45, maka berangkatnya bus dari kota A pukul ....
15.     Jarak kota Cilacap – Purwokerto 80 km. Sebuah mobil berangkat dari Cilacap pukul 08.40. Jika kecepata rata-rata 50 km/jam, maka mobil tiba di Malang pukul ....

XXV.         Siswa dapat menentukan nama suatu bangun datar berdasarkan sifat-sifat bangun yang diketahui.

1.          Bangun datar yang memiliki ukuran sisi sama panjang adalah ….
2.          Segitiga yang salah satu besar sudutnya 90 adalah ….
3.          Segitiga yang mempunyai dua sudut lancip dan satu sudut tumpul disebut segitiga …. (tumpul)
4.          Segi empat ABCD mempunyai panjang sisi sama dan panjang diagonal sama. Segiempat ABCD itu disebut ….
5.          Perhatikan sifat-sifat bangun tersebut : 1) mempunyai sepasang sisi sejajar, 2) jumlah sudut pada sisi yang memotong sisi sejajar 1800. Nama bangun tersebut adalah …. (trapesium)
6.          Sifat-sifat bangun datar : 1) mempunyai 4 sisi yang sama panjang, 2) mempunyai diagonal yang saling tegak lurus dan membagi sama panjang, 3) kedua diagonalnya membagi sudut yang saling berhadapan sama besar, 4) mempunyai simetri lipat. Bangun yang sifat-sifatnya seperti di atas adalah …. (belah ketupat)
7.          Sifat-sifat bangun datar : 1) mempunyai 4 sisi yang sama panjang 2) diagonalnya merupakan sumbu simetri 3) mempunyai simetri putar tingkat 4 ; 4) mempunyai 4 simetri lipat. Bangun tersebut adalah ….. (persegi)
8.          Perhatikan sifat-sifat suatu bangun segi empat di bawah ini : 1) keempat sisinya sama panjang, 2) sisi-sisi yang saling berhadapan sejajar 3) perpotongan diagonalnya membentuk sudut siku-siku 4) keempat sudutnya tidak siku-siku. Segiempat yang memiliki sifat tersebut adalah…….  ( belah ketupat)
9.          Sifat-sifat bangun datar : 1) Mempunyai 4 sisi dan 4 titik sudut 2) Mempunyai dua pasang sisi yang sejajar, 3) Sudut-sudutnya sama besar yaitu 900   4) sisi-sisi yang berhadapan sama panjang 5) Kedua diagonalnya saling membagi sama panjang 6) Mempunyai dua simetri lipat, 7) Mempunyai dua sumbu simetri 8) Mempunyai dua sumbu simetri putar. Sifat bangun tersebut adalah ….  (persegipanjang)
10.     Sifat-sifat bangun datar : 1) Mempunyai 4 sisi dan 4 titik sudut 2) Keempat sisinya sama panjang 3) Mempunyai besar sudut yang sama yaitu 900 , 4)Kedua diagonalnya tegak lurus, 5) Mempunyai empat simetri putar, 6) Mempunyai empat sisi simetri lipat , 7) Mempunyai dua diagonal. . Sifat bangun tersebut adalah ….  (persegi/ bujursangkar)
11.     bangun Segitiga yang ketiga sisinya sama panjang dan ketiga sudutnya sama besar yaitu 1800 : 3 = 600  adalah …. (segitiga sama sisi )
12.     Bangun Segitiga yang kedua sisinya sama panjang adalah …  (Segitiga sama kaki)
13.     Bangun Segitiga yang panjang sisi-sisnya tidak sama adalah … (Segitiga sembarang)
14.     Sifat-sifat bangun datar :  1) Mempunyai 4 sisi dan 4 titik sudut , 2) Setiap sisi yang sepasang-pasang sama panjang; 3) Sudut yang berhadapan sama besar ; 4) Diagonalnya saling berpotongan dan tegak lurus; 5) Mempunyai satu (1) simetri lipat; 6) Mempunyai satu (1) simetri putar . Sifat bangun tersebut adalah ….  (layang-layang) 
15.  Bangun datar yang memiliki empat sisi sama panjang, dan keempat sudutnya siku-siku adalah ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar